Sunday, November 27, 2016

PENTAS SENI VETRICIA



Setiap tahun, SMP Labschool Jakarta mengadakan pentas seni. Pentas seni diselenggarakan oleh siswa-siswi kelas 8. Setiap tahun, temanya pun berbeda-beda. Tahun ini, kami memilih tema Broadway. Nama pensi kami diambil dari nama angkatan 24 yaitu, Vetricia singkatan dari Coveatrice Inhalvacia. Pensi diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 November 2016. Pensi tahun ini diketuai oleh Nabila Azaria selaku Seksi Kesenian. Dan wakilnya Alyssa Maudine dan Rania Sabrina.
           
 Perjalanan menuju pensi begitu banyak. Dimulai dari seleksi TIMSES. Dari sekian banyak orang yang mendaftar, yang terpilih hanya 30-an orang.
             
Pada hari Rabu juga diselenggarakan gladibersih. Untuk penampil band di ruang seni music dan non band di gedung BPS lantai 1. Gladibersih dimulai dari jam 13.00.
             
Sebelum hari diselenggarakan pensi yaitu Jumat, semua panitia sudah menyiapkan dekorasi seminggu sebelumnya. Backdrop panggung sudah mulai dikerjakan 6 hari sebelum pensi diselenggarakan. Tim dekorasi juga dibantu oleh guru dan PPG Seni Rupa. Untuk pencarian dana sudah dilakukan mulai Oktober. Saat hari Jumat, panitia menata dekorasi dan menyiapkan panggung. Esoknya, semua sudah tertata rapih dan pensi pun siap dimulai.
             
Di jalan menuju lapangan utama ditempeli Walk of Fame berisikan nama-nama kelas 8 dengan tanda tangan wali kelas.
             
Murid-murid kelas 8 diminta untuk datang paling lambat pukul 06.30. Namun, bagi TIMSES, OSIS, dan MPK datang pukul 06.00. Cuaca hari itu sangat mendukung walaupun sedang musim hujan. Saya kebetulan tampil menari saman. Pada awal acara, ada kelas 7 yang bernyanyi. Lalu, para panitia melakukan flashmob dengan lagu bertemakan Broadway. Awalnya, sound system agak sedikit bermasalah namun selanjutnya berjalan lancar. Para anak TK Labschool Jakarta menampilkan tari tradisional. Lalu, pada pukul 09.00 saya pergi ke auditorium untuk make up dan mengganti kostum. Saya tampil pukul 12.40. Saya hanya mengobrol dengan teman-teman sambil menunggu waktu tampil. Lalu, kami tampil dan setelah selesai kami kembali ke auditorium untuk menghapus make up dan berganti pakaian. Semua orang tetap bersemangat walapun matahari bersinar terik.
             
Pensi berlangsung cukup lama dan sangat meriah. Selain murid-murid kelas 7 dan 9, banyak alumni yang datang untuk sekedar nonton ataupun tampil untuk memeriahkan pensi. Pensi berlangsung dari pukul 07.30 sampai 17.00. Yang tampil pun beragam, ada tari modern, tradisional, bernyanyi, bermain piano, band, bahkan ada yang menunujukan atraksi yoyo, sulap dan gombal. Bahkan, para guru pun ikut memeriahkan pensi dengan membawakan beberapa lagu. Beberapa ekstrakurikuler juga tampil di pensi. Ada juga sumbangsi dari SMP Labschool Kebayoran, ada yang menampilkan DJ bernama Alifah Fayruz. Saat DJ tampil, semua orang menari dengan semangat. Sampai-sampai membuat lingkaran besar dan berlari mengelilingi lapangan utama. OSIS SMP Labschool Kebayoran dan SMP Labschool Cibubur juga menampilkan band.
             
Selain itu, banyak sponsor yang mendukung berjalannya pensi ini. Ada bazzar yang menjual makanan, minuman, mainan, serta baju. Penutup pensi dipersembahkan oleh murid kelas 9. Mereka tampil band. Semua orang tetap ikut bernyayi walapun hari sudah mulai gelap. Sebelum pulang, kami semua berkumpul di lapangan untuk mendengarkan ucapan dari Pak Yuro selaku Wakil Kepala Sekolah SMP Labschool Jakarta. Lalu, kami berfoto bersama angkatan 24. Sebelum pulang, kami melaksanakan operasi semut untuk membuang sampah-sampah yang tersisa di lapangan utama dan panggung. Alhamdulillah pensi angkatan 24 berjalan dengan sukses. Terima kasih Vetricia!

10 comments: